IMPLEMENTASI SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DALAM KEMANDIRIAN SANTRI DALAM BELAJAR DI ASRAMA AR ROMMEL PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM PETERONGAN JOMBANG

Effend, Fariz Alif (2019) IMPLEMENTASI SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DALAM KEMANDIRIAN SANTRI DALAM BELAJAR DI ASRAMA AR ROMMEL PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM PETERONGAN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Sistem Pendidikan Pesantren dalam Kemandirian Santri Dalam Belajar Di Asrama Ar Rommel Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Peterongan Jombang\. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi sistem pendidikan pesantren yang ada di Asrama Ar Rommel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif,). Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Wujud sistem pendidikan pesantren di Asrama Ar Rommel yaitu Bimbingan baca kitab kuning, Hafalan (fasholatan, istighosah, dan surat-surat yang didalam Al Qur’an), membaca Al Qur’an. (2) kemandirian santri tidak hanya dinilai dari belajarnya saja, akan tetapi dalam hal jiwa kemandirian termasuk kategori kemandirian seperti menambah percaya diri (3) Faktor penghambat atau penunjang sistem pendidikan pesantren di Asrama Ar Rommel yaitu santri lebih bertanggung jawab dan terjalin kebersamaan, guru (asatidz) lebih tepat waktu. Kata kunci : Sistem Pendidikan Pesantren, Kemandirian Santri Dalam Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 03 Nov 2019 02:28
Last Modified: 03 Nov 2019 02:28
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1580

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats