IMPLEMENTASI PEMBIASAAN KEGIATAN SHALAWAT NABI DALAM MEMBENTUK RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH HASYIM ASY’ARI JOGOROTO JOMBANG

Hidayatulloh, Rohmad (2019) IMPLEMENTASI PEMBIASAAN KEGIATAN SHALAWAT NABI DALAM MEMBENTUK RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH HASYIM ASY’ARI JOGOROTO JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manusia disebut sebagai homodivinous (makhluk yang percaya adanya Tuhan) atau disebut juga homo religious artinya makhluk yang beragama. Alasan manusia mampu beragama atau percaya akan adanya Tuhan adalah karena di dalam jiwa manusia terdapat naluri beragama atau insting religious. Untuk menanamkan dan membentuk peserta didik yang memiliki religiusitas atau keberagamaan kuat, cinta dan patuh kepada agama serta dapat memegang teguh nilai-nilai ajaran agama sangat diperlukan praktik beragama secara langsung seperti dibiasakan dengan kegiatan-kegiatan keaagamaan. Salah satu kegiatan yang diterapkan di Madrasah Aliyah Hasyim Asyari Jogoroto Jombang yaitu shalawat Nabi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembiasaan kegiatan shalawat Nabi dalam membentuk religiusitas peserta didik. Faktor pendukung dan penghambat penerapan kegiatan dalam membentuk religiusitas peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data reduksi data, penyajian data, serifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan melalui pembiasaan mengikuti kegiatan shalawat Nabi peserta didik memiliki religiusitas yang baik, terlihat dari kesehariannya yang berperilaku baik, semangat beribadah, tawadhu dengan gurunya, merasakan ketenteraman saat mengikuti kegiatan, dan bersikap lembut dengan teman-temannya.faktor pendukung dan penghambat yaitu dalam dirinya (internal) dan dari luar dirinya (eksternal). Faktor dari dalam yaitu kemauan, naluri. Sedangkan faktor dari luar yaitu lingkungan sekitar peserta didik dan juga dukungan dari guru-guru. Kata Kunci : Pembiasaan, Kegiatan Shalawat Nabi, Religiusitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 03 Nov 2019 02:26
Last Modified: 03 Nov 2019 02:26
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1579

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats