PENERAPAN METODE SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH ASSULAIMANIYAH MOJOAGUNG JOMBANG

’Adah, Lissa (2019) PENERAPAN METODE SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH ASSULAIMANIYAH MOJOAGUNG JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran yang berkualitas melibatkan banyak hal, salah satunya adalah metode atau model yang diterapkan oleh guru. Jika seorang guru menyampaikan pembelajaran yanga variatif dan menyanangkan, maka siswa akan lebih tertarik untuk menyimak materi yang disampaikan. Sebaliknya, jika guru hanya mengajar dengan metode konvensional yaitu ceramah, maka siswa akan bosan dan tidak tertarik menyimak materi yang diajarkan. Dalam hal ini peran metode pembelajaran itu sangat penting untuk peningkatan motivasi belajar siswa, terlebih pada siswa kelas XI IPA MA.Assulaimaniyah yang penerapan pembelajarannya masih bersifat metode konvensional. Mereka membutuhkan pembelajaran yang bervariatif tidak monoton guna menunjang hasil belajar yang maksimal, seperti halnya Penerapan Metode Pembelajaran SAVI untuk Peningkatan Motivasi Belajar Sisawa Kelas XI IPA MA.Assulaimaniyah Mojoagung Jombang. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk melakukan dan mengetahui penerapan metode pembelajaran SAVI unttuk peningkatan motivasi belajar siswa ketika diterapkan di kelas XI IPA MA. Assulaimaniyah. Jenis Penelitian kualitatif dengan Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan data kepustakaan. Teknik Analisis Data Pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika penerapan metode SAVI tersebut diterapkan, maka siswa yang sebelumnya kurang bersemangat dalam menerima embelajaran lebih Antusias dan aktif untuk mengikuti metode pembelajaran yang bervariatif tersebut, sehingga siswa dapat belajar lebih maksimal dalam pembelajaran. Faktor pendukung, dukungan dan dorongan positif dari wali kelas dan motivasi peneliti. Faktor penghambat Faktor dari diri sendiri, seperti kurangnya antusiasme dan semangat yang timbul dari sendiri. Kata Kunci: Penerapan Metode SAVI, Peningkatan Motivasi Balajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 03 Nov 2019 02:15
Last Modified: 03 Nov 2019 02:15
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1573

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats