PERAN GURU MADRASAH DINIYAH DALAM MEMBENTUK AKHLAK YANG TERPUJI PADA ANAK DI DESA BONGKOT PETERONGAN JOMBANG

Nafi’ah, Siti (2019) PERAN GURU MADRASAH DINIYAH DALAM MEMBENTUK AKHLAK YANG TERPUJI PADA ANAK DI DESA BONGKOT PETERONGAN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran guru Madrasah Diniyah dalam membentuk akhlak yang terpuji pada anak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena akhir zaman yang ditunjukkan dengan krisis akhlak, terutama pada anak-anak usia sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peran guru dalam membentuk akhlak anak di madrasah diniyah desa bongkot. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru madrasah diniyah. Adapun objek dalam penelitian ini adalah pembentukan akhlak terpuji pada anak di Madrasah Diniyah. Analisis data menggunakan teknik analisis jenis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa guru madrasah diniyah telah berupaya membentuk akhlak terpuji pada anak dengan beberapa metode, adapun peran guru itu sendiri sebagai pendidik, pembimbing, pelatih, dan pengarah adalah menciptakan peserta didik agar menjadi anak yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan membentuk generasai yang berakhlak mulia. Kata kunci : Guru Madrasah Diniyah, Pembentukan, dan Akhlak Terpuj

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 03 Nov 2019 02:11
Last Modified: 03 Nov 2019 02:11
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1570

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats