PROFIL SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

AGUSTIN, DWI INDAH SETYA (2018) PROFIL SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil siswa kelas VIII MTs. Darul ‘Ulum dalam memecahkan masalah matematika pada materi lingkaran ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa yang terdiri dari satu siswa dengan gaya kognitif reflektif, satu siswa dengan gaya kognitif impulsif, satu siswa dengan gaya kognitif fast accurate, dan satu siswa dengan gaya kognitif slow inaccurate. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Subjek dengan gaya kognitif reflektif dapat memahami masalah, dapat menjelaskan alasan menggunakan rencana yang dibuat, dalam menyelesaikan soalnya sangat teliti, tidak terburu-buru dan menyelesaikan soal sampai selesai dengan memperoleh jawaban yang benar, melakukan pemeriksaan kembali hasil pekerjaannya. (2) Subjek dengan gaya kognitif impulsif dapat memahami masalah, dapat menjelaskan alasan menggunakan rencana yang dibuat, dalam menyelesaikan soalnya kurang teliti, terburu-buru dan menyelesaikan soal sampai selesai tetapi memperoleh jawaban yang salah, melakukan pemeriksaan kembali hasil pekerjaannya. (3) Subjek dengan gaya kognitif fast accurate dapat memahami masalah, dapat menjelaskan alasan menggunakan rencana yang dibuat, dalam menyelesaikan soalnya sangat teliti, terburu-buru dan menyelesaikan soal sampai selesai dengan memperoleh jawaban yang benar, melakukan pemeriksaan kembali hasil pekerjaannya. (4) Subjek dengan gaya kognitif slow inaccurate dapat memahami masalah, dapat menjelaskan alasan menggunakan rencana yang dibuat, dalam menyelesaikan soalnya tidak teliti, tidak terburu-buru dan menyelesaikan soal tidak sampai selesai dengan memperoleh jawaban yang salah, tidak memeriksa kembali hasil pekerjaannya. Kata kunci: Pemecahan masalah, Gaya Kognitif, Tes MFFT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 30 Dec 2018 04:23
Last Modified: 30 Dec 2018 04:23
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1410

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats