ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL

SA’DIYAH, MIFTAKUS (2018) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

i Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah geometri kelas VIII MTs AL ANWAR Paculgowang ditinjau dari kemampuan visual spasial. Oleh karena itu penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah 3 siswa, satu siswa pada tingkat kemampuan visual spasial atas, satu siswa pada tingkat kemampuan visual spasial sedang, dan satu siswa pada tingkat kemampuan visual spasial bawah. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek SAG, subjek dengan kemampuan visual spasial atas memenuhi empat indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan langkah penyelesaian, memecahkan masalah, dan memeriksa kembali. (a) memahami masalah:SAG mampu apa yang diketahui dan yang ditanya dari soal tersebut dengan benar. (b) merencanakan langkah penyelesaian: SAG juga mampu merencanakan langkah penyelesaian dari soal tes pemecahan masalah. (c) memecahkan masalah: SAG menyelesaikan soal sesuai dengan rencana yang dibuat dengan benar. (d) memeriksa kembali: SAG juga memeriksa jawabannya dengan mengecek kembali perhitungan dan langkah – langkahnya. (2) subjek LF, subjek dengan kemampuan visual spasial sedang memenuhi dua indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu memahami masalah dan memeriksa kembali. (a) memahami masalah: subjek LF mampu menyebutkan apa yang diketahui dan yang ditanya dari soal tersebut. (b) merencanakan langkah penyelesaian: LF tidak dapat merencanakan langkah penyelesaian dengan benar. (c) memecahkan masalah: LF tidak dapat memecahkan masalah dengan benar karena LF tidak dapat merencanakan langkah penyelesaian. (d) memeriksa kembali: LF juga memeriksa perhitungannya kembali. (3) subjek MAS, subjek dengan kemampuan visual spasial bawah memenuhi satu indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu memahami masalah. (a) memahami masalah: MAS mampu menyebutkan apa yang diketahui dan ditanya dari soal tersebut. (b) merencanakan langkah penyelesaian: MAS tidak mampu merencanakan langkah penyelesaian dengan benar. (c) memecahkan masalah: MAS juga tidak mampu memecahkan masalah dengan benar. (d) memeriksa kembali: MAS tidak memeriksa jawabannya kembali setelah mengerjakan soal. Kata kunci: Kemampuan Visual Spasial, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Geometri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 30 Dec 2018 04:13
Last Modified: 30 Dec 2018 04:13
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats