PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA

MI’ROJ, MISBACHUL (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam standar isi pendidikan nasional tahun 2006, menyatakan bahwa mata pelajaran matematika untuk sekolah menengah atas hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi. Kurangnya ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran matematika membuat siswa cenderung acuh dan gampang merasa bosan. Dalam membantu siswa untuk menemukan serta membangun sendiri pemahaman konsep matematik yang akan mereka pelajari, diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang bisa mendorong siswa menemukan serta membangun pemahaman konsep matematiknya. Salah satu model pembelajaran matematika yang dapat digunakan untuk dapat meningkatkan pemahaman konsep matematik siswa adalah model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran RME dalam meningkatkan pemahaman konsep matematik siswa dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa setelah dilaksanakannya pembelajaran RME. Oleh karena itu penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X SMKS Pesantren Terpadu Roudlotul Hidayah. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara tes kemampuan pemahaman konsep, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penerapan model pembelajaran realistic mathematics education dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa, diterapkan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang ada pada RME yakni memberikan masalah kontekstual, menyampaikan tujuan pembelajaran dan motivasi, menyelesaikan masalah bersama-sama dengan cara pembagian kelompok belajar, presentasi hasil penyelesaian masalah masing-masing kelompok, memberikan kesempatan kelompok lain untuk menanggapi hasil presentasi, dan membuat kesimpulan bersama-sama. (2) model pembelajaran realistic mathematics education yang dilakukan pada siswa kelas X SMKS PT ROUHID dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa. Hal ini ditunjukkan pada indikator menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematik yang awalnya 83% meningkat menjadi 100% dari jumlah siswa kelas X (12 siswa) yang mencapai kriteria baik, kedua pada indikator memilih, menggunakan, dan memanfaatkan prosedur atau operasi tertentu dan menyatakan ulang konsep yang awalnya 0% meningkat menjadi 66,6% atau 8 siswa. Sedangkan pada indikator mengaplikasikan konsep mengalami peningkatan sebesar 58,3% atau 7 siswa yang mencapai indikator tersebut dari yang semula tidak ada yang mencapainya. Kata kunci : Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 30 Dec 2018 03:58
Last Modified: 30 Dec 2018 03:58
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1394

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats