PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA MENDAPATKAN DAN TANPA MENDAPATKAN EVALUASI FORMATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKAKELAS II MI BUSTANUL ULUM BADAS SUMOBITO JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Ismailah, Ida (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA MENDAPATKAN DAN TANPA MENDAPATKAN EVALUASI FORMATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKAKELAS II MI BUSTANUL ULUM BADAS SUMOBITO JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Kemampuan melaksanakan proses belajar mengajar merupakan salah satu persyaratan utama seorang guru dalam mengupayakan hasil yang lebih baik dari pengajaran yang dilakukan. Guru harus mampu membantu siswa untuk memelihara minat dan antusias siswa dalam melaksanakan tugas belajar. Untuk itu diperlukan suatu tindakan, salah satu dengan memberikan evaluasi formatif (Post Test). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam mengerjakan soal tentang eksponen, antara mendapatkan dan tanpa mendapatkan evaluasi formatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara mendapatkan dan tanpa mendapatkan evaluasi formatif. Rancangan penelitian yang dipakai adalah one group post test design, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIMI Bustanul Ulum Badas Sumobito yang terdiri dari dua kelas tahun pelajaran 2014 - 2015. Sebagai sampel penelitian diambil dua kelas secara acak. Satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Dengan teknik random sampling diperoleh sampel penelitian ini adalah kelas II-Adan kelas II-B. Dalam pengumpulan data digunakan metode tes tulis (subjektif) berbentuk essay. Data hasil penelitian akan dianalisis menggunakan uji t kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian didapat rata-rata hasil belajar siswa dengan mendapatkan evaluasi formatif adalah 71,17, sedangkan hasil belajar siswa tanpa mendapatkan evaluasi formatif adalah 60,94 dan hasil perhitungan SPSS, didapat nilai thitung = 2,61. Dengan mengambil taraf signifikan (α) 5% atau 0,05 didapat nilai ttabel = 2,00 dan pada perhitungan uji t = -2,61 <ttabel< 2,61. Karena thitung ≥ ttabel dan hasil uji t signifikan, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara mendapatkan dan tanpa mendapatkan evaluasi formatif kelas IIMI Bustanul Ulum Badas Sumobito. Kata kunci: Evaluasi formatif, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 16 Nov 2015 04:22
Last Modified: 16 Nov 2015 04:22
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats