IMPLEMENTASI PENGGUNAAN LAYANAN PERBANKAN MELALUI BRANCHLESS BANKING (BANK TANPA KANTOR) PADA AGEN BRILINK DI KANTOR CABANG PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk. JOMBANG

RACHMAH, AMELIYA (2018) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN LAYANAN PERBANKAN MELALUI BRANCHLESS BANKING (BANK TANPA KANTOR) PADA AGEN BRILINK DI KANTOR CABANG PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk. JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan menghimpun maupun menyalurkan dana merupakan sebagian dari layanan perbankan yang berada pada masyarakat pada umumnya. Layanan perbankan biasanya memiliki prosedur yang ketat dengan layanan yang terbatas jam operasional kantor pada umumnya. Hal tersebut menyebabkan hanya sebagian masyarakat yang memakai layanan perbankan baik produk maupun jasa perbankan. Selain itu, tingkat indeks keuangan inklusif atau tingkat jangkau masyarakat untuk menggunakan dan menjangkau akses layanan keuangan menjadi rendah. Layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif merupakan salah satu kegiatan dimana layanan keuangan dapat dijangkau dengan akses yang mudah dengan biaya yang murah dan dilaksanakan tidak melalui jaringan kantor yang formal. Dalam hal ini PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. memiliki layanan perbankan tanpa melalui jaringan kantor yang disebut BRILink. Penelitian ini memiliki jenis penelitian kualitatif. Dan memiliki tujuan untuk mengetahui profil implementasi dan perkembangan layanan BRILink di Kantor Cabang PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Jombang dan implementasi penggunaan layanan perbankan melalui branchless banking (bank tanpa kantor) pada Agen BRILink di Kantor Cabang PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Jombang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa layanan BRILink di Kab Jombang telah tersebar di berbagai wilayah dan implementasi layanan perbankan melalui branchless banking pada Agen BRILink telah berjalan dengan baik dengan menggunakan sistem EDCpro yang dikembangkan oleh Bank BRI sehingga Bank BRI dapat melayani produk dan jasa perbankan nirkantor melalui pihak ketiga yaitu Agen BRILink. Kata Kunci : Layanan perbankan, Keuangan Inklusif, Laku Pandai, Branchless Banking dan BRILink

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Bisnis dan Bahasa
Fakultas Bisnis dan Bahasa > Administrasi Bisnis
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 26 Nov 2018 04:38
Last Modified: 26 Nov 2018 04:38
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1325

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats