Faizah, Amalia Arifatul (2018) PENERAPAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDA’IYAH MAMBAUL ULUM KARANG NONGKO SOOKO MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam cenderung membuat siswa jenuh karena banyak bacaan sejarah pada zaman dahulu yang mengakibatkan siswa kurang berkonsentrasi. Banyak anak ramai sendiri pada jam pelajaran.. Sehingga minat belajar dan hasil belajar siswa belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat belajar dan hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis flow model. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, tiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan minat belajar pada pra siklus dengan persentase 27%, pada siklus I mendapat 54% dan siklus II memperoleh 86%, sedangkan penelitian hasil belajar pada pra siklus mendapatkan persentase 22%, siklus I mendapat 59% dan siklus II meningkat 81%. Kesimpulannya adalah penerapan media crossword puzzle untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa mendapat respon baik dan bisa diterima siswa. Media croosword puzzle sangat efektif, siswa bisa bermain sambil belajar sehingga siswa tidak merasa bosan. Kata Kunci: media crossword puzzle, minat belajar, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 22 Nov 2018 02:24 |
Last Modified: | 22 Nov 2018 02:24 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1298 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |