Nurmayanti, Mira (2018) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI ASMA AL HUSNA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN DEMPOK DIWEK JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Pelajaran Akidah Akhlak khususnya materi Asma Al Husna tidak akan terasa sulit jika disajikan dengan menggunakan model pembelajaran yang menarik dan efektif. Kurangnya inovasi dalam pembelajaran mengakibatkan siswa kurang memahami materi asma Al Husna yang diajarkan. Tujuannya untuk mengetahui hasil belajar siswa tentang materi asma Al Husna sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis flow model. Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus, setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Berdasarkan analisis data hasl belajar siswa sebelum diadakannya penelitian nilai prosentase 41,67% dengan daya serap materi siswa tuntas 10 siswa. Siklus I prosentase 83,3% dan siklus II 91,67%. Dengan hal tersebut sudah memenuhi target. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi Asma Al Husna siswa kelas IIA di MI Nurul Iman Dempok Diwek Jombang. Kata Kunci : Metode Make A Match, hasil belajar Asma Al Husna, Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 22 Nov 2018 02:17 |
Last Modified: | 22 Nov 2018 02:17 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1292 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |