BARIYAH, UMUL (2015) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP DARUL ULUM 5 JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.
|
Text
BAB I.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
Pengelolaan kelas di SMP Darul Ulum 5 Jombang pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam yang sebelumnya dirasa kurang efektif oleh guru, sehingga ada beberapa upaya yang dilakukan oleh guru agar pengeloaan kelas lebih menyenangkan dan proses pembelajaran terasa lebih efektif. Penelitian ini membahas (1) Bagaimana pengelolaan kelas di SMP Darul Ulum 5 jombang? (2) Bagaimana pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Darul Ulum 5 Jombang? (3) Apakah terdapat pengaruh pengelolaan kelas dengan formasi tempat duduk siswa terhadap efektifitas pembelajaran Pendidikan agama Islam yang dilakukan di SMP Darul Ulum 5 Jombang ?. Adapun pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan dan subyek penelitian berjumlah 55 responden. Data utama dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode angket yang di berikan kepada siswa, sedang untuk analisis datanya menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Beberapa model pengaturan formasi tempat duduk siswa yang digunakan di SMP Darul Ulum 5 Jombang yakni : (1) Huruf U, Corak Tim, Meja Konferensi, Lingkaran, Susunan Chevron, Auditorium dan Tradisional, dan penyekoran dari angket yang tersebar terdapat 45 atau 81,81% termasuk pada kategori sangat baik, 7 atau 18,19 % termasuk pada kategori baik, dengan demikian pengelolaan kelas masuk dalam kategori sangat baik (2) Hasil efektifitas pembelajaranPendidikan Agama Islam di SMP Darul Ulum 5 Jombang Jombang pada kelas IX terdapat 46 atau 83,64% termasuk pada kategori sangat baik, 9 atau 16,36 % termasuk pada kategori baik, Dengan demikian pengelolaan kelas masuk dalam kategori sangat baik (3) Ada pengaruh dari pengelolaan kelas dengan formasi tempat duduk siswa terhadap efektifitas pembelajaran Pendidikan agama Islam yang dilakukan di SMP Darul Ulum 5 Jombang Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa t hitung (4,517) > t tabel (0,255), maka H0 ditolak artinya koefisien regresi signifikan Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Efektifitas Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M Kirom |
Date Deposited: | 14 Nov 2015 01:59 |
Last Modified: | 14 Nov 2015 01:59 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/129 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |