ERMAWATI, RIRIN (2018) INOVASI METODE IQRA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ BAITUL HIDAYAH TUGUSUMBERJO PETERONGAN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar adalah kewajiban bagi setiap umat Islam. Namun, kenyataannya sampai saat ini masih ada sebagian anak belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui inovasi pelaksanaan pembelajaran membaca Al-qur’an melalui metode Iqra sehingga mempermudah para santri dalam membaca Iqra.Dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an banyak metode atau cara penyampain yang cepat dan tepat dari masa ke masa, metode yang di gunakan harus sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya. Maka dari itu TPQ Baitul Hidayah Tugusumberjo Peterongan Jombang Inovasi metode Iqra dalam pembelaran Al-Qur’an menggunakan metode cara belajar santri aktif ( CBSA), Privat, Asistensi, dan Komunikatif, karena dapat membantu anak-anak membaca al-Qur’an dengan baik dan benar.Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif dilaksanakan di TPQ Baitul Hidayah Tugusumberjo. Informasi pengumpulan data dilakukan dengan metode Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Hasil penelitian dilakukan dengan teknik klasikal, baca tulis, dan teknik privat, dengan teknik tersebut maka santri dapat membaca dengan baik dan benar. Kata Kunci: Metode Iqra dalam pembelajaran Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 12 Nov 2018 01:33 |
Last Modified: | 12 Nov 2018 01:33 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1245 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |