PENGARUH PENERAPAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS KELAS I DI MTs BAHRUL ULUM GENUKWATU NGORO JOMBANG TAHUN AJARAN 2014 – 2015

SHODIQ, M. (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS KELAS I DI MTs BAHRUL ULUM GENUKWATU NGORO JOMBANG TAHUN AJARAN 2014 – 2015. Diploma thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar metode mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan, karena metode akan menjadi penunjang dalam pelaksanaan pendidikan. Model pembelajaran make a match adalah sistem pembelajaran yang mengutamakan penanaman kemampuan sosial terutama kemampuan bekerja sama, kemampuan berinteraksi di samping kemampuan berpikir cepat melalui permainan mencari pasangan dengan dibantu kartu. Motivasi belajar berasal dari kata “motive” yang mempunyai arti “dorongan” motif dapat dikatakan sebagai daya upaya yang mendorong seseoarang untuk melakukan sesuatu. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode make a match terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada pelajaran Al-Qur’an hadits kelas 1 di MTs Bahrul Ulum Genukwatu Ngoro Jombang. Adapun problem akademik adalah bagaimana penerapan dan pengaruh metode make a match pada pelajaran al-Qur’an Hadits kelas I di MTs Bahrul Ulum Genukwatu Ngoro Jombang Tahun ajaran 2014-2015 dan bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa-siswi kelas I di MTs Bahrul Ulum Genukwatu Ngoro Jombang Tahun ajaran 2014-2015. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto yaitu model penelitian yang data pokoknya dikemukakan setelah terjadinya sesuatu. Penlitian ini menggunakan pendekatan statistik kuantitatif dengan analisis korelasi Product Moment. Jadi kesimpulan dari hasil peneliti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Penerapan Metode Make a Match Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas I Di MTs Bahrul Ulum Genukwatu Ngoro Jombang Tahun Ajaran 2014/2015. Kata Kunci : Penerapan Metode Make A Match, Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 MTS BU

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 12 Nov 2015 06:51
Last Modified: 12 Nov 2015 06:51
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/124

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats