Khoiriyah, Umi (2018) PENGEMBANGAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) SISWA MELALUI KURIKULUM 2013 DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) SAMBIROTO SOOKO MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan adalah tolok ukur kehidupan bangsa, sehingga dalam pelaksanaannya tidak hanya memuat pendidikan umum dan agama saja melainkan diimbangi dengan pendidikan life skill. Dalam pelaksanaan pendidikan tersebut pasti memerlukan kurikulum sebagai acuan pendidikan, dan kurikulum yang baru adalah Kurikulum 2013 dimana konsep Kurikulum 2013 adalah pembelajaran yang kreatif dan inovatif.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Kurikulum 2013, pengembangan life skill serta faktor pendukung dan penghambat pengembangan life skill siswa melaui Kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mojokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif.Kesimpulannya adalah pengembagan life skill melalui Kurikulum 2013 sudah berjalan dengan baik yang mana penerapannya melalui kegiatan ekstrakulikuler, keterampilan dan kegiatan pembiasaan.Faktor pendukung pengembangan life skill melalui Kurikulum 2013 adalah tersedianya sarana prasarana yang memadahi, tersedianya buku-buku penunjang pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat pengembangan life skill adalah kurangnya sosialisasi mengenai pemahaman Kurikulum 2013 dan kurangnya motivasi tentang pentingnya pengembangan life skill bagi siswa. Kata Kunci: Kurikulum 2013, Kecakapan Hidup (Life Skill)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 12 Nov 2018 00:52 |
Last Modified: | 12 Nov 2018 00:52 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1223 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |