PERAN MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DARUL ULUM 1 JOMBANG

ANSORI, MUHAMMAD (2018) PERAN MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DARUL ULUM 1 JOMBANG. Masters thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

x Peningkatan mutu pendidikan selalu diupayakan agar dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berguna bagi pembangunan suatu bangsa. Tolok ukur keberhasilan siswa di dunia pendidikan yang sering digunakan adalah dengan melihat hasil belajar siswa. merupakan salah satu bagian dari kurikulum sekolah yang membantu siswa dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta nilai dalam masyarakat. Berbagai upaya telah dilakukan, akan tetapi selama ini pembelajaran dalam arti luas lebih bersifat konseptual, guru lebih menekankan konsep-konsep tertentu dalam pembelajaran tetapi mengesampingkan pola asuh dan kelengkapan serta penggunaan fasilitas belajar yang justru sangat penting bagi anak untuk memotivasi belajarnya guna mencapai hasil belajar yang lebih baik. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui : (1) Tenaga Pendidik di Sekolah Menengah Pertama Darul Ulum 1 Jombang, (2) format Manajemen Tenaga Pendidik, (3) Format pengembangan kualitas. Penelitian menggunakan metode riset lapangan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama; Sumber Daya Manusia di Sekolah Menengah Pertama Darul Ulum 1 Jombang terdiri dari kepala sekolah, pegawai tata usaha (administrator), tenaga pendidik (guru), tenaga kependidikan (karyawan) dan siswa. Ditinjau dari segi latar belakang pendidikan, sebagian besar dari tenaga pendidik (guru) hampir seluruhnya adalah lulusan sarjana (S1. Dalam hal kinerja mereka cukup profesional karena mereka memiliki keterampilan-keterampilan yang berhubungan dengan tugas-tugas administratif seperti kemampuan mengoperasikan komputer dan akuntansi. Dan SDM yang terakhir adalah siswa yang dalam perekrutannya dilakukan melalui tes seleksi siswa baru yang bertujuan untuk mendapatkan input siswa yang betul betul diharapkan. Kedua; Format pengembangan Sekolah Menengah Pertama Darul Ulum 1 Jombang dimanifestasikan dalam bentuk visi dan misi sekolah. Dalam visi dan misi tersebut dijabarkan tentang arah dan tujuan pendidikan. Ketiga; Manajemen tenaga pendidik pada dasarnya merupakan segala upaya yang dilakukan oleh pengelola sekolah dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Dalam kasus ini terlihat dengan jelas bahwa terdapat perkembangan yang cukup signifikan di Sekolah Menengah Pertama Darul Ulum 1 Jombang ketika diadakan pelatihan (training) bagi pendidik. Kata Kunci: Tenaga Pendidik dan kualitas pendidik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 13 Sep 2018 02:05
Last Modified: 13 Sep 2018 02:05
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1214

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats