CHARISSUDIN, MOCHAMMAD (2018) PENGARUH MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALISME GURU BK TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMP ISLAM NGORO JOMBANG. Masters thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Tugas pokok kepala sekolah adalah bertanggungjawab dan mempertanggungjawabkan atas segala tindakan yang dilakukan oleh bawahan,perbuatan yang dilakukan oleh para guru, siswa, staf dan orang tua siswa tidak dapat dilepaskan dari tanggungjawab kepala sekolah. Kepala sekolah harus berfikir secara analistik dan konseptual, kepala sekolah adalah mediator, politisi, seorang diplomat serta kepala sekolah mengambil keputusan keputusan sulit dalam setiappenyelesaian persoalan di sekolah. Kepala sekolah memiliki peran diantaranya ialah :(1) peran hubunan antar perseorangan, (2) peran informasional (3) sebagai pengambil keputusan. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa di SMP Islam Ngoro Jombang. Jenis penelitian kuantiatif dengan. Populasi dalam penelitian sebanyak 247 orang. Penentuan jumlah responden sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik random sampling sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 71 responden. Uji prasyarat analisis menggunakan uji validitas, reliabilitas dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda dan koefisien dterminisai dengan perhitungan menggunakan SPSS V16 for windows. Hasil penelitian yang bersumber dari pengolahan data menunjukkan hubungan yang positif sedang antara variabel kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru dan kedisiplinan siswa. Secara parsial pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kedisiplinan siswa sebesar - 3,564 dan profesionalisme guru terhadap kedisiplinan siswa sebesar 1,989. Secara simultan variabel kepemimpinan dan profesionalisme guru secara bersama sama memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai 0,001 terhadap kedisiplinan siswa. Dari hasil analisis ditemukan bahwa pengaruh kepemimpinan dan profesionalisme guru terhadap kedisiplnan siswa adalah 22,90% dan 77,10% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini. Kata kunci: kepemimpinan, profesionalisme guru, dan kedisiplinan ii
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Program Pasca Sarjana Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 13 Sep 2018 01:57 |
Last Modified: | 13 Sep 2018 01:57 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1212 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |