MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TELEKOMUNIKASI DARUL ULUM JOMBANG

ABDA’I, FAISAL (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TELEKOMUNIKASI DARUL ULUM JOMBANG. Masters thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengak Kejuruan (SMK) Telekomunikasi Darul Ulum Jombang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hal ini didasarkan dengan maksud untuk mendeskripsikan realita sosial yang konkrit, sehingga sesuai dengan penelitian serta pelaksanaannya melibatkan pimpinan dan seluruh tenaga kependidikan yang ada. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (participant observation), wawancara dan analisis dokumen (document study). Rumusan masalah penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan kontrol pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengak Kejuruan (SMK) Telekomunikasi Darul Ulum Jombang untuk meningkatkan prestasi belajar. Hasil penelitian ini mengenai manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengak Kejuruan (SMK) Telekomunikasi Darul Ulum Jombang adalah sebagai berikut : (1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam guru membuat perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, kriteria kelulusan minimal, dan rincian minggu efektif. (2) Pelaksanaan rencana pembelajaran pendidikan Agama Islam, guru melaksanakan rencana-rencana pembelajaran yang telah disusun secara sistematis dan diimpelentasikan saat proses pembelajaran berlangsung, rencana tersebut didalamnya meliputi strategi pembelajaran siswa aktif dan metode yang digunakan adalah metode diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas. (3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, guru mengevaluasi dari proses dan hasil pembelajaran. Hasil pembelajaran yang mempengaruhi kepada aspek ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. (4) Membina self Kontrol dalam hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam mengarah pada perilaku anak yang selalu diamati oleh guru Agama Islam di luar jam pelajaran seperti hanya ketika melaksanakan shalat jamaah, dan kerapian serta perilaku siswa siswi. Kata Kunci: Perencanaan, Penerapan, Evaluasi, Kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 13 Sep 2018 01:54
Last Modified: 13 Sep 2018 01:54
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1211

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats