Rosidah, Nurus Shobahur (2018) Penerapan Metode Index Card Match dan Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IIA pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa melalui metode index card match dan storytelling dengan menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan dua siklus dan menggunakan analisis data flow model. Penelitian ini dilaksanakan karena siswa kurang mampu berbicara krama lugu sebab guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Adapun data yang dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IIA MI Miftahul Ulum Jarakkulon Jogoroto sebanyak 30 siswa. Pada tahap pra siklus, 9 siswa yang mampu dengan prosentase ketuntasan 30% dan rata-rata nilai siswa 59,7. Hasil pada siklus I terdapat 15 siswa yang mampu dengan prosentase ketuntasan 50%, dan 69 rata-rata nilai siswa. Pada siklus II mencapai 24 siswa yang mampu dengan prosentase ketuntasan 80% dan rata-rata nilai siswa 80,6. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode index card match dan storytelling dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa pada siswa. Kata Kunci: Index Card Match, Storytelling, Keterampilan Berbicara, Bahasa Jawa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 13 Sep 2018 01:01 |
Last Modified: | 13 Sep 2018 01:01 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1206 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |