Zahroh, Shofiatuz (2018) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DAN MEDIA MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B PADA MATA PELAJARAN ILMU TAJWID DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM JARAK KULON JOGOROTO JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar ilmu tajwid melalui metode make a match dan media mind mapping yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kurt Lewin. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B MI Miftahul Ulum sebanyak 24 siswa. Penelitian dilaksanakan karena cara pengajaran secara konfensional akibatnya siswa mudah bosan dan kurang memahami pembelajaran apalagi berkreasi. Penelitian ini menggunakan analisis data flow model dan data yang dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Pada pra siklus, hanya 7 siswa tuntas dengan prosentase ketuntasan sebanyak 29,16% dan rata-rata klasikal 57,75. Hasil pada siklus 1 menjadi 14 siswa tuntas dengan prosentase ketuntasan 58,33%, dan 70,16 ratarata klasikal. Sedangkan pada siklus 2 mencapai 87,5% ketuntasan dengan rata-rata klasikal sebanyak 81,16%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ilmu tajwid menggunakan metode make a match dan media mind mapping dapat meningkatkan secara signifikan hasil belajar siswa kelas IV B MI Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang. Kata Kunci: Mind Mapping, Make a Match, Ilmu Tajwid, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 13 Sep 2018 00:56 |
Last Modified: | 13 Sep 2018 00:56 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1203 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |