PENGARUH PEMBINAAN MEMBACA AL QUR’AN TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS VI DI MI SEMESTA KEDUNGMALING SOOKO MOJOKERTO

NUR AINI, AZAH (2014) PENGARUH PEMBINAAN MEMBACA AL QUR’AN TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS VI DI MI SEMESTA KEDUNGMALING SOOKO MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
1111072_BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di salah satu MI swasta di Mojokerto, tepatnya di MI Semesta Kedungmaling Sooko Mojokerto. Lokasi ini dipilih sebagai subjek penelitian dengan pertimbangan karakteristik yang sesuai dengan penelitian dan lokasi merupakan tempat peneliti mengabdi dan mengamalkan ilmu sehingga diharapkan penelitian ini mendapatkan data yang valid. Untuk mendeskripsikan tentang pembinaan membaca Al Qur’an siswa kelas VI MI Semesta Kedungmaling Sooko Mojokerto. Untuk mendeskripsikan perilaku keagamaan siswa kelas VI MI Semesta Kedungmaling Sooko Mojokerto. Dan untuk mendeskripskan pembinaan membaca Al Qur’an terhadap perilaku keagamaan siswa kelas VI MI Semesta Kedungmaling Sooko Mojokerto. Metode penelitian yang dipakai adalah pendekatan kuatitaif korelasi karena bertujuan mencari hubungan dari 2 variabel yang diteliti. Adapun untuk pengumpulan data digunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Pembinaan membaca Al Qur’an yang telah dilakukan pada siswa kelas VI MI Semesta Kedungmaling Sooko Mojokerto dapat dikategorikan sangat baik oleh peneliti, hal tersebut dikarenakan dari hasil hasil angket yang disebar mendapat nilai yang mencapai 80%. Perilaku keagamaan siswa kelas VI MI Semesta Kedungmaling Sooko Mojokerto, dikategorikan baik oleh peneliti karena dari hasil angket yang telah disebarkan didapat nilai 61%. Untuk melihat pengaruh antara variable x (pembinaan membaca Al Qur’an) dan variable y (perilaku kegamaan siswa kelas VI MI Semesta Kedungmaling Sooko Mojokerto), peneliti menggunakan analisis statistic korelasi dengan rumus product moment, dari perhitungan tersebut didapat nilai 0,302. Hasil tersebut kemudian diinterpretasikan dengan r product moment maka didapat kesimpulan bahwa antara kedua variable terdapat hubungan atau pengaruh yang rendah atau lemah. Kata kunci : pembinaan, Al Qur’an, Perilaku keagamaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 21 Oct 2015 02:09
Last Modified: 21 Oct 2015 02:35
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/12

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats