Samsiyah, Pipit (2018) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI CARANG REJO II KESAMBEN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami soal cerita pada mata pelajaran matematika di kelas III SDN Carang Rejo II Kesamben Jombang melalui metode role playing. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Carang Rejo II Kesamben Jombang sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui metode role playing dapat meningkatkan kemampuan memahami soal cerita. Dibuktikan pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata kelas 49,6 dengan persentase ketuntasan belajar sebanyak 32%, siklus I nilai rata-rata kelas 70,4 dengan persentase kemampuan memahami soal cerita sebanyak 44% dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 82,6 dengan persentase keterampilan memahami soal cerita sebanyak 92%. Selain itu kegiatan siswa yang diaati pada lembar observasi siklus I adalah 62,5% atau cukup dan meningkat menjadi 82,5%. Kata Kunci: Metode Role Playing, Kemampuan Memahami Soal Cerita, Matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 08 Sep 2018 00:31 |
Last Modified: | 08 Sep 2018 00:31 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1193 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |