Farichah, La’ally (2018) PENERAPAN MEDIA KARTU KATA DAN MEDIA PASIR WARNA WARNI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I DI SEKOLAH DASAR NEGERI CARANG REJO II KESAMBEN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan menulis, merupakan kegiatan belajar mengajar disekolah Akan tetapi dalam penerapannya banyak siswa kesulitan.Tujuan Penelitian mengetahui keterampilan menulis siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia kelas I SDN Carang Rejo II Kesamben Jombang dengan menggunakan media kartu kata dan pasir warna-warni. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian adalah wawancara, observasi dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN Carang Rejo II Kesamben Jombang Jumlah 18 siswa. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media kartu kata dan pasir warna-warni mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa. Dapat dilihat sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata kelas 61,3 dengan persentase ketuntasan belajar sebanyak 22%, siklus I nilai rata-rata kelas 71,5 dengan persentase keterampilan menulis siswa sebanyak 61% dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,7 dengan persentase keterampilan menulis siswa sebanyak 89%. Hal ini sesuai dengan kriteria yang ditentukan maka peningkatan ini tergolong baik. Kata Kunci: Media kartu kata dan pasir warna-warni, Keterampilan menulis siswa, Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 06 Sep 2018 04:07 |
Last Modified: | 06 Sep 2018 04:07 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1192 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |