Pratiwi, Siti Zulaiqo’ Jaya (2018) PENGUNAAN METODE CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDA’IYAH DARUSSALAM JATIPANDAK SAMBENG LAMONGAN. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran di kelas IV MI Madrasah Ibtida‟iyah Darussalam Jatipandak Sambeng Lamongan, guru masih menggunakan metode yang konvensional yaitu pembelajaran yang menggunakan metode ceramah, latihan soal. Penelitian dilaksanakan karena hasil belajar siswa rendah ≥70. Tujuan penelian untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika MI Jatipandak Sambeng Lamongan. Subjek penelitin siswa kelas IV sebanyak 13 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis dan data penelitian diperoleh peningkatan persentase hasil belajar. Dibuktikan pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata kelas 55 dengan persentase ketuntasan belajar sebanyak 30,7%, siklus I nilai rata-rata kelas 70 dengan persentase hasil belajar sebanyak 67,3% dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 75,7% dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebanyak 84,6%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode concept mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajara Matematika kelas IV MI Darussalam Jatipandak Sambeng Lamongan. Kata Kunci:Concept Mapping, Hasil Belajar, Matematika.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 06 Sep 2018 03:59 |
Last Modified: | 06 Sep 2018 03:59 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1188 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |