Ragelia, Mega Novela (2018) Penerapan Metode Garismatika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II MI Miftahul Ulum Lengkong Mojoanyar Mojokerto Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian mata pelajaran matematika melalui metode garismatika yang dilaksanakan sebanyak dua siklus menggunakan model Kemmis. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas II MI Miftahul Ulum Lengkong Mojoanyar Mojokerto sebanyak 31 siswa. Penelitian dilaksanakan karena siswa kurang mampu berhitung perkalian sebab guru hanya menggunakan metode ceramah, menghafal dan tabel perkalian. Penelitian ini menggunakan analisis data flow model dan data yang dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Pada tahap pra siklus, hanya 12 siswa yang mampu dengan prosentase ketuntasan sebanyak 38,7% dan rata-rata klasikal sebanyak 62,25. Hasil pada siklus 1 terdiri dari 28 siswa yang mampu berhitung perkalian dengan prosentase ketuntasan 90,32%, dan 86,45 rata-rata klasikal. Sedangkan pada siklus 2 mencapai 100% ketuntasan dengan rata-rata klasikal sebanyak 96,77%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode garismatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas II MI Miftahul Ulum Lengkong Mojoanyar Mojokerto. Kata Kunci: Garismatika, Kemampuan Berhitung, Perkalian, Matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 06 Sep 2018 03:49 |
Last Modified: | 06 Sep 2018 03:49 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1185 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |