Hidayani, . (2018) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP POLA BIMBINGAN BELAJAR ANAK DI DUSUN GADING DESATUGUSUMBERJO PETERONGAN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap pola bimbingan belajar anak di Dusun Gading Desa Tugusumberjo Peterongan Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah 23 ibu di Dusun Gading yang memiliki anak sekolah. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas perbutir dihitung dengan rumus pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach's alpha. Pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua dengan pola bimbingan belajar anak, yang ditunjukkan dari harga rhitung yang diolah dengan bantuan SPSS 20 sebesar 0,760, sedangkan rtabel dengan N=23 pada taraf 5% sebesar 0,351, sehingga r hitung > r tabel (0,760 >0,351). Selanjutnya, ditemukan bahwa skor latar belakang pendidikan orang tua termasuk dalam kategori kurang baik dengan jumlah persentase sebesar 43,5% dan mayoritas memiliki pola bimbingan belajar yang termasuk dalam kategori tidak baik dengan persentase sebesar 31,6%. Kata Kunci: Pendidikan Orang tua, Bimbingan Belajar anak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 06 Sep 2018 00:57 |
Last Modified: | 06 Sep 2018 00:57 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1168 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |