Efektifitas Penerapan dalam Kurikulum Smart dalam Meningkatkan Prestasi belajar Fiqih Siswa di SMP DU 1 Unggulan Rejoso Peterongan Jombang (Studi Komparatif antara Sebelum dan Sesudah Diterapkan Kurikulum Smart)

Firdausiyah, Luluk (2017) Efektifitas Penerapan dalam Kurikulum Smart dalam Meningkatkan Prestasi belajar Fiqih Siswa di SMP DU 1 Unggulan Rejoso Peterongan Jombang (Studi Komparatif antara Sebelum dan Sesudah Diterapkan Kurikulum Smart). Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan dapat terlaksana dengan baik, maka diperlukan alat pendukung yang namanya kurikulum. Kurikulum merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan formal dan alat yang sangat penting dalam keberhasilan pendidikan, sekaligus merupakan pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan bergulirnya waktu dan permintaan masyarakat terhadap visi, misi, serta tujuan yang diharapkan pada peserta didik, maka Lembaga pondok pesantren Darul ‛Ulum mengadakan sebuah inovasi kurikulum yang disebut Kurikulum Smart. Kurikulum Smart merupakan jawaban dari harapan dan permintaan masyarakat terhadap visi, misi, serta tujuan yang diharapkan pada peserta didik Lembaga pendidikan di pondok pesantren Darul ‛Ulum merupakan lembaga pendidikan yang tidak bersifat dikotonomi pendidikan, dimana visi, misi serta tujuan tidak hanya mementingkan urusan dunia, akan tetapi juga mementingkan urusan akhirat Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitaif dengan analisis, populasi dari penelitian ini sebanyak 354 dan samplenya diambil 10% dari populasi yaitu sebanyak 35 siswa. Sumberpenelitian diambil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji T berpasangan. Dari hasil perhitungan SPPS meneunjukkan bahwa Hasil t hitung > t tabel 5, 63 > 1.70 artinya Ho diterima dan Ha ditolak jadi tidak ada hubungan antara hasil belajar fiqih sebelum dan sesudah diterapkan kurikulum smart Sebab Ha tolak karena yaitu Kurikulum smart masih baru, Terlalu banyaknya beban belajar terlalu berat bagi siswa,, mayoritas siswa lulusan SD, banyaknya ujian praktek, banyaknya target hafalan dan system penilaian meliputi banyak aspek. Kata kunci: efektifitas, kurikulum smart, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 26 Apr 2018 07:00
Last Modified: 26 Apr 2018 07:00
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats