PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM MADURESO DAWARBLANDONG MOJOKERTO

Santoso, Hari (2017) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM MADURESO DAWARBLANDONG MOJOKERTO. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perhatian yang diberikan orang tua dengan tujuan agar anaknya mendapatkan prestasi di sekolahnya dan kelak dapat tercapai cita-cita anaknya. Selain itu agar anak mampu menjadi pribadi yang mandiri. Bimbingan dan perhatian dari orang tua sangat diperlukan oleh anaknya dalam proses pencapaian prestasi belajar. Perhatian orang tua merupakan faktor utama dalam membimbing, mengarahkan dan mendidik anaknya dikalangan keluarga sehingga anak menjadi generasi penerus yang baik. Perhatian orang tua akan dicontoh anak dalam hal pembentukan karakter anak. Orang tua sebagai pengasuh serta bertanggung jawab penuh kepada anak dalam belajar baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah. Rumusan masalah (1) Adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Madureso Dawarblandong Mojokerto? (2) Adakah pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Madureso Dawarblandong Mojokerto? (3) Adakah pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Madureso Dawarblandong Mojokerto? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Madureso Dawarblandong Mojokerto. populasi sebanyak 116 siswa. Adapun teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling Jumlah sampel berdasarkan tabel Issac dan Michael dengan taraf kesalahan 46 % yaitu sebanyak 61 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument angket. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana (uji t), regresi berganda (uji F). Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh perhatian orang tua terhadap terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Madureso Dawarblandong Mojokerto yang ditunjukkan dari t hitung < t tabel (2.292 > 1.996). Nilai signifikansi t untuk variabel perhatian orang tua adalah 2,292 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (2,292 > 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak . Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan Belajar dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 26 Apr 2018 06:58
Last Modified: 26 Apr 2018 06:58
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1092

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats