PERANAN KEPALA MASDRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI ADIWIYATA NASIONAL DI MTsN TAMBAKBERAS JOMBANG

HINDUN, HINDUN (2017) PERANAN KEPALA MASDRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI ADIWIYATA NASIONAL DI MTsN TAMBAKBERAS JOMBANG. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Adiwiyata di MTsN Tambakberas Jombang telah membawa madrasah ini menuju madrasah Adiwiyata Nasional. Dari observasi ditemukan beberapa fenomena dan fakta-fakta perilaku dan sikap warga madrasah terhadap lingkungan madrasah. Keberhasilan ini tidak lepas dari peranan kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi madrasah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Peranan Kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi madrasah di MTsN Tambakberas Jombang.: (1) Mendeskripsikan peranan Kepala Madrasah dalam perencanaan prestasi Adiwiyata Nasional di MTsN Tambakberas Jombang. (2) Mendeskripsikankan meningkatkan prestasi adiwiyata Nasional di MTsN Tambakberas Jombang. (3) Mendeskripsikan peranan Kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi adiwiyata Nasional di MTsN Tambakberas Jombang. (4). Mendeskripsikan hambatan dan tantangan peranan Kepala Madrasah dalam mencapai prestasi madrasah Adiwiyata Nasional di MTsN Tambakberas Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus di MTsN Tambakberas Jombang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara; (2) Observasi; dan (3) Dokumentasi. Data yang terkait dengan penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber. Sumber utama dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, wakil kepala madrasah, Komite Madrasah, dan guru. Dokumen yang ada dan dari hasil wawancara dengan berbagai komponen yang terlibat dalam perencanaan madrasah adwiyata nasional di MTsN Tambakberas menunjukkan bahwa peranan kepala madrasah MTsN Tambakberas dalam perencanaan menuju madrasah adiwiyata nasional sudah berjalan dengan baik. Komponen-komponen yang diperlukan untuk menuju madrasah adiwiyata telah direncanakan dengan baik. Visi, misi dan tujuan madrasah telah masuk dalam perencanaan program adiwiyata, Dari temuan lapangan penelitian tentang peranan kepala madrasah dalam prestasi madrasah adiwiyata nasional menunjukkan bahwa penerapan dari rencana program yang dibuat oleh MTsN Tambakberas bisa berjalan dengan baik. Hampir seluruh penerapan bisa dijalankan mulai workshop penyususnan visi, misi, tujuan madrasah yang memaasukkan unsur PLH, Workshop penyusunan KTSP, workshop metode pembelajaran dan perangkat serta penilaian pembelajaran, workshop pemanfaatan limbah, pelibatan komite madrasah dan stakeholder terkait. Idealnya untuk keberlangsungan program yang baik untuk jangka panjang dan bisa dilaksanakan terus menerus oleh siapapun suatu saat apabila ada pergantian kepala madrasah. Hambatan, tantangan dan solusi Belum tumbuh kesadaran secara utuh dari tenaga pendidik dan kependidikan di MTsN Tambakberas Masih ada tenaga pendidik dan kependidikan yang kurang peduli dengan program madrasah ini, Sehingga hal ini akan membawa dampak pada program tersebut. Kata Kunci: Peranan dan Prestasi Adiwiyata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 26 Apr 2018 06:55
Last Modified: 26 Apr 2018 06:56
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1091

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats