ISNAINIYAH, LILIK (2017) STRATEGI PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH SYAFI’IYAH TEBUIRENG DAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL-UMMAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Komparatif Manajemen Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng dan Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Ummah Jombang). Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Nama SMP Islam Terpadu saat ini lebih popular dibandingkan dengan nama MTs, khususnya di daerah perkotaan. Hal ini dikarenakan pola pikir masyarakat yang masih beranggapan bahwa mutu Madrasah masih kalah dengan mutu Sekolah. Walaupun antara MTs dan SMP Islam merupakan dua lembaga pendidikan dengan jenjang yang sama, demikian pula dengan muatan kurikulumnya. Dalam mengembangkan kurikulum dibutuhkan strategi yang tepat agar mutu lembaga pendidikan bisa meningkat . Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah 1. Mengetahui latar belakang strategi pengembangan kurikulum di MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng dan SMP Islam Al Ummah.2. Mengetahui Strategi pengembangan kurikulum di MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng dan SMP Islam Al Ummah. 3. Mengetahui persamaan dan perbedaan antara pengembangan kurikulum di MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng dan SMP Islam Al Ummah dalam meningkatkan mutu pendidikan Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan dataya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk mendapatkan kevalidan data digunakan teknik observasi dan memanfaatkan data yang dianalisis, mencari kasus yang berkenaan dengan strategi pengembangan kurikulum.Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa latar belakang strategi pengembangan kurikulum karena adanya keinginan lembaga untuk mencapai apa yang menjadi tujuan lembaga dan pemerintah sehingga tidak bertentangan dengan Panduan BSNP. Strategi pengembangan mutu mengacu pada landasan filosofis, sosiologis, perkembangan iptek dan religius. Tetapi tetap dengan memperhatikan prinsip prinsip pengembangan kurikulum. Langkah pertama adalah dengan membentuk tim pengembang kurikulum, merumuskan tujuan dan menyeleksi pengalaman belajar dan mengevaluasinya. Karena MTs dan SMP dibawah naungan yang berbeda maka landasan hukum yang digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan kurikulumnya juga berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Program Pasca Sarjana Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 06:33 |
Last Modified: | 26 Apr 2018 06:33 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1087 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |