Setiawati, Youda (2015) PERANAN TINGKAT INTELIGENSI SISWA TERHADAP PEMAHAMAN KOGNITIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM TERPADU PERMATA MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.
|
Text
BAB I.pdf Download (347kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kebanyakan orang yang mengartikan bahwa inteligensi sebagai ukuran keberhasilan seseorang, artinya semakin tinggi kemampuan IQ siswa maka semakin besar peluangnya untuk meraih sukses, namun demikian beberapa pengamatan menunjukkan bahwa siswa yang kecerdasannya diatas rata-rata tetapi prestasi belajarnya tidak baik dan banyak pula siswa yang kecerdasannya dibawah rata-rata tetapi mampu berprestasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat IQ dan pemahaman siswa dan pengaruh tingkat IQ siswa terhadap pemahaman kognitif mata pelajaran agama Islam di SMP Islam Terpadu Permata Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data dalam penlitian ini adalah tingkat inteligensi dengan pemahaman kognitif siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan daftar nilai, interview, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian ini adalah 1) Rata-rata kecerdasan siswa 104,6 dalam kategori normal. 2) Tingkat pemahaman kognitif siswa cukup baik, dengan menerapkan metode tandur. 3) Ada pengaruh antara tingkat inteligensi siswa terhadap pemahaman kognitif mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Islam Terpadu Permata Mojokerto. Kata Kunci: Tingkat Inteligensi; Pemahaman Kognitif; Siswa; dan SMP Islam Terpadu Permata Mojokerto.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M Kirom |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 01:26 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 01:26 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/105 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |