Burhanudin, Sifaul Fuad (2015) PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP KEDISIPLINAN SANTRI DI ASRAMA HIDAYATUL QUR’AN (HQ) PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dewasa ini banyak pondok pesantren yang mempunyai program menghafal al-Qur’an, tidak terkecuali di Asrama Hidayatul Qur’an Pondok Pesantren Darul Ulum. Dengan harapan mencetak generasi Qur’ani.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara menghafal al-Qur’an terhadap kedisiplinan santri dalam mengikuti kegiatan asrama. Penelitian merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif Adapun cara memperoleh data penelitian menggunakan metode angket dengan jenis angket tertutup, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Ada lima tata tertib dalam menghafal al-Qur’an yang wajib ditaati oleh semua santri yang menghafal al-Qur’an. 2)Kedisiplnan santri di asrama HQ tergolong tinggi dengan hasil prosentase sebesar 74,88%. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antaraMenghafal al-Qur’an terhadap kedisiplinan santri dalam mengikuti kegiatan di Asrama HidayatulQur’an Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang”. Bahwa Ha diterima dan Ho ditolak karena Fhitung(6,81 lebih besar dari F tabel (4,17). Kata Kunci :Menghafal al-Qur’an , Kedisiplian, Pondok Pesantren (Asrama HQ)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M Kirom |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 05:54 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 05:54 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/100 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |